Sepenting Itukah MPLS Bagi Siswa Baru?

Sepenting Itukah MPLS Bagi Siswa Baru?

Apakah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) itu penting untuk siswa yang baru masuk sekolah? Baiklah akan kami jelaskan ya di artikel kali ini.

Mari Mengenal Tentang MPLS

Bagi mereka yang akan menjadi siswa baru di sekolah, misalnya adik-adik kita yang baru saja naik ke jenjang pendidikan SMP, SMA, maupun SMK akan berkemungkinan besar sebelum masuk, akan melakukan MPLS terlebih dahulu.

MPLS itu singkatan dari apa ya? Nah jika kamu belum tahu, MPLS merupakan sebuah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Selain kata MPLS, juga ada kata mirip yang boleh dipakai juga dan memiliki artian yang sama seperti:
  • Masa Orientasi Siswa (MOS)
  • Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD)
yang mempunyai artian yang sama yaitu sebuah kegiatan yang diadakan setiap tahunnya di sekolah kepada peserta didik yang baru masuk sekolah sebagai seorang peserta didik baru.

Fungsi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru

Jika kamu bertanya-tanya apa sih fungsi dari MPLS itu? Inilah beberapa fungsinya:

1. Untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru

Fungsi pertama adalah untuk lebih mengenalkan tempat dimana siswa baru akan menetap disana untuk belajar.

Siswa baru akan dikenalkan lingkungan sekolah, budaya sekolah, guru-guru sekolah, kakak-kakak kelasnya di sekolah dan juga kepala sekolah.

2. Memperakrab sesama teman bagi siswa baru

Biasanya pengenalan antara siswa baru akan dilakukan di kelasnya masing-masing, namun pada MPLS ini akan dikenalkan sebelum masuk ke kelas. Bisa juga mereka sudah membagi setiap kelas bagi siswa baru.

Siswa baru biasanya akan disuruh memakai name tag atau tanda nama pengenal untuk teman atau orang lain mengetahui namanya dan mengenalnya sehingga bisa berteman baik dengannya 

Kekurangan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru

Jika kamu pikir bahwa kegiatan MPLS atau MOS itu wajib digunakan oleh seluruh sekolah SMP, SMA, maupun SMK, maka kamu kurang tepat.

Sebenarnya kegiatan MPLS ini tidaklah wajib namun hanya saja seringkali dipakai di sekolah walaupun tidak semua sekolah memakai sistem MPLS. Kenapa begitu?

Kekurangan dari MPLS adalah terkadang berdampak buruk bagi siswa baru, apa itu? Biasanya pengurus dari MPLS ini adalah kakak kelas dari siswa baru, nah si kakak kelasnya ini menunjukan sifat yang kurang baik kepada siswa baru.

Kekurangan dari MPLS biasanya dilakukan oleh kakak kelas yang suka meledek, memberikan aturan yang banyak kepada siswa baru dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah jadi itulah informasi mengenai pengertian MPLS dan jawaban dari pertanyaan Sepenting Itukah MPLS Bagi Siswa Baru? Bagaimana menurutmu, jika ada tambahan kata atau ada kata yang kurang tepat, kamu bisa berkomentar di bawah ya!
Oninime Hanya salah satu manusia dari ratusan juta manusia lain yang ada

Belum ada Komentar untuk "Sepenting Itukah MPLS Bagi Siswa Baru?"

Posting Komentar