Benarkah HP Poco M3 Sering Matot? Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Benarkah HP Poco M3 Sering Matot? Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Handphone atau Gawai merk Poco M3 merupakan salah satu ponsel keluaran baru dari pihak Poco yang bisa dipakai untuk berbagai hal termasuk bermain game. Namun beberapa hari setelah perilisannya, banyak pengguna yang mengeluhkan penyakit Matot Poco M3. Apakah memang benar seri ini sering matot?

Mengenal Tentang Matot

Apa itu Matot? Matot adalah sebuah singkatan kata dari kata Mati Total. Biasanya kata Matot sering digunakan oleh gadget, televisi, radio, dan barang elektronik lainnya yang tiba-tiba tidak bisa hidup atau menyala. Jadi sering disebut sebagai matot.

Apakah Benar Penyakit HP Poco M3 Adalah Matot?

Jika ditanya benar atau tidaknya itu adalah untung-untungan. Ada pengguna yang mengatakan bahwa unit yang dia pakai masih dalam keadaan bagus dan tidak pernah mengalami matot selama dia pakai.

Ada juga pengguna yang sering mengeluhkan bahwa Poco M3 miliknya mengalami matot. Jadi dari hal ini kita bisa sebut bahwa unit Poco M3 itu adalah Gacha.

Mengenal Tentang Gacha

Apa itu Gacha? Gacha sebenarnya adalah sebuah permainan keberuntungan, namun seiring waktu banyak yang mengartikan bahwa Gacha adalah hal yang untung-untungan baik itu ada di ponsel, televisi, game dan lain-lain.

Penyebab HP Poco M3 Sering Matot

Poco M3 selain terkenal dengan matotnya, juga terkenal dengan bug delay touchnya di sebelah pinggir layar. Delay touch sendiri adalah lambatnya respon layar ketika kita menyentuh layar ponsel.

Baca Juga :


Selain Poco M3, seri sebelah yaitu Poco X3 Pro juga sering mengalami masalah ini kok. Tapi yang sekarang dialami oleh Poco M3 bisa dikatakan sangat parah yaitu penyakit Matot. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

1. Kesalahan Pabrik Produksi (Batch Tahun 2020)

Memang sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas mengapa Poco M3 banyak unitnya yang sering mati total (matot). Namun menurut pengguna yang pernah memakai, dia mengeluhkan bahwa ponselnya tiba-tiba tidak bisa menyala kembali ketika dia mematikan ponselnya (biasanya ketika hendak tidur suka mematikan ponsel).

Ada dua hal berbeda ketika pengguna menghidupkan ponselnya kembali. Yaitu yang pertama ponselnya tidak mau menyala (masih dalam keadaan hitam). Dan yang kedua adalah sampai ada di logo MIUI saja.

Namun setelah ditelusuri, Kejadian Poco M3 Matot ini sebagian besar ada didalam batch produksi pada tahun 2020. Hal ini mirip sekali dengan tipe ponsel lainnya yaitu kasus Redmi Note 9 yang berdebu (penyedot debu).

Masalah ini bisa saja disebabkan oleh kelalaian yang dilakukan oleh pabrik produksinya Poco sendiri sehinggal mengakibatkan unit bermasalah berupa Matot. Jadi kamu kurang beruntung atau Gacha kamu ampas kalau membeli di batch pabrik tahun 2020.

2 karena Penyimpanannya Terlalu Penuh

Alasan kedua bisa saja bukan karena pabriknya, tapi kesalahan kamu sendiri sebagai penggunanya.

Seperti yang kita ketahui, mau ponsel merk apapun baik itu mahal atau murah, saat penyimpanan internal terlalu penuh, rawan sekali terjadinya Matot (Mati Total).

Bisa jadi kamu yang ponsel Poco M3 nya matot disebabkan karena penyimpanan di ponselnya terlalu penuh. Biasanya kalau penyimpanan selalu penuh di ponsel Xiaomi akan terjadi bug.

Bug yang dimaksud disini seperti yang terjadi di Xiaomi seri ke-9 yang ketika penyimpanannya penuh, dia akan restart ponsel sendiri atau yang lebih parah ketika ponselnya dinyalakan hanya akan sampai logo MI saja yang ada (tidak terbawa ke home).

3. Terjadi Bug Ketika di Update (Perbaharui)

Salah satu kelebihan Poco M3 adalah penyimpanannya bukan EMMC lagi (sudah UFS) yang menyebabkan Poco M3 sering Matot.

Ketika gagal update versi MIUI, Matot merupakan hal yang bisa saja terjadi pada ponsel Poco ini. Mungkin saja ini dikarenakan antarmuka MIUI yang sudah terlalu lengket dengan EMMC, jadinya seperti melupakan UFS sebagai standard yang baru. Awalnya Poco M3 sering sampai atau mentok di logo Poco saja kemudian Matot.

Apa Yang Harus Saya Lakukan Ketika Ponsel Poco M3 Saya Matot?

Saat HP Poco M3 kamu matot, kamu bisa membiarkan dulu ponsel kamu untuk beberapa jam kedepan, kemudian coba lagi, meminta teman kamu yang mahir mengotak-atik ponsel supaya bisa memperbaiki ponselmu atau bisa menggunakan cara yang paling mudah yaitu membawa unit ponsel Poco M3 kamu ke tukang servis dekat rumahmu.

Kamu juga bisa meminta garansi kalau waktu garansi kamu belum habis untuk sedikit memotong biayanya supaya tidak terlalu mahal.

Cara Menghindari HP Poco M3 Matot

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa:
Lebih baik mencegah
Daripada Mengobati.
Hal ini juga bisa kita lakukan kepada gawai kita sendiri. Lebih baik mencegah daripada mengobati atau memperbaiki ponsel ketika sedang rusak. Bagaimana tips supaya HP Poco M3 tidak mengalami Matot? Ini dia beberapa tipsnya!

1. Usahakan Penyimpanan Internal Tidak Penuh

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah seringlah mengecek tinggal berapa penyimpanan internal yang ada di Poco M3 punyamu.

Sisakan minimal 10% sampai 20% untuk mengamankan penyimpanan kamu supaya tidak penuh. Masih butuh penyimpanan? Tenang saja, kamu masih bisa menyimpan data di Komputer atau Laptop kok. Jika memang itu terlalu ribet, kamu bisa menyimpan data kamu di Flaskdisk.

2. Jangan Dulu Update Software

Mungkin saja penyakit Matot Poco M3 itu benar-benar ada di update software. Kamu bisa menunggu minimal dua tahun untuk mengupdate sofware Poco M3.

Jika kamu memang sangat mau untuk update, maka ketika sedang update biarkan ponsel tersebut dan jangan sembari memainkan atau menekan-nekan ponsel tersebut.

3. Garansikan Ponselmu

Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggaransikan ponselmu sekitar 15 bulan atau 1 tahun 3 bulan lama garansinya.

Kamu akan sangat mudah untuk klaim garansi saat ponsel Poco M3 kamu masih bersih atau masih belum di Root, UBL, atau pasang custom lainnya.

Dimana Saya Bisa Membeli Poco M3 Yang Anti Gacha?

Kamu bisa membeli Poco M3 di toko offline untuk bisa mengecek sendiri kualitas yang ada pada ponsel tersebut. Sedangkan jika kamu beli di toko online juga tidak semuanya jelek dan bagus, tapi hanya tergantung saja alias gacha.

Untuk meminimalisir gacha, jika kamu membeli di toko online seperti:
  • Shopee
  • Tokopedia
  • Lazada
  • Bukalapak
  • BliBli
  • Jd id
  • Dan lainnya..
Pastikan bahwa kamu membeli Poco M3 di official shop atau di toko resminya sendiri ya supaya unit yang diterima itu tidak terlalu lama dan dalam kondisi baik.

Akhir Kata

Nah jadi itu dia pembahasan tentang Poco M3 yang sering Matot dan juga penyebab dan cara memperbaiki Poco M3 yang matot. Apakah di artikel ini ada hal yang masih belum dimengerti oleh kamu? Kalau ada, kamu bisa kok komentar di kolom komentar bawah ini! Nanti akan kami balas.
Koto Chanāœ” Manusia yang mencoba menjadi Manusia.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah HP Poco M3 Sering Matot? Bagaimana Cara Memperbaikinya?"

Posting Komentar